Soal Ambalat, Pemerintah RI-Malaysia masih Berunding PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Friday, 29 May 2009 14:37
Kamis, 28 Mei 2009 17:48 WIB     
Penulis : Shanty
Persiapan Kapal TNI-AL ke AmbalatJAKARTA--MI: Masalah yang terjadi di Ambalat antara Malaysia dan Indonesia masih dalam perundingan guna mencapai kesempakatan bilateral. Perundingan dilakukan antara Presiden RI dengan Perdana Menteri Malaysia.

Demikian dikatakan Dubes Indonesia untuk Malaysia Dai Bachtiar di PTIK (Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisain) Jakarta, Kamis (28/5). Masalah Ambalat akan diselesaikan dalam perundingan. "Perundingan itu masih berjalan. Jadi, kalau sekarang dikatakan ada pelanggaran dan sebagainya, itu sudah masuk dalam perundingan," ujar Dai.
Menurut Dai, Malaysia memakai kejelasan masalah dengan menggunakan satu peta yang disebut peta 79. "Sedangkan Indonesia sudah menyampaikan lebih dulu protes-protes dan itu memang masuk dalam upaya perundingan wilayah-wilayah negara," kata mantan Kapolri ini.

Dia juga mengatakan, sering menerima protes-protes dari pemerintah Malaysia secara resmi. "Protes itu tentang adanya pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan kapal Indonesia," kata Dai.

Saat ditanyakan, apakah masih akan terjadi pelanggaran di Ambalat, Dai mengatakan, "Masih ada. Karena masih dalam perundingan, yang kita usahakan adalah perundingan berjalan tanpa tidak ada lagi klaim saling melanggar." (San/OL-04)
Last Updated on Friday, 29 May 2009 14:44