Ekonomi Konstitusi di Indonesia PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Wednesday, 28 July 2010 11:51

Ini adalah judul dari presentasi Ibu Aviliani SE. MSi,  yang diundang oleh FOKO untuk diskusi tentang arah pengembangan ekonomi Indonesia, di kantor FOKO tanggal 28 Juli 2010. Berikut ini awal dari presentasi beliau: 

Dalam berbagai analisis maupun publikasi, kontruksi konstitusi dari sisi politik lebih kencang mengalir daripada pada sisi ekonominya. Padahal, studi tentang konstitusi dari sisi ekonomi dapat menjembatani kesenjangan antara demokrasi ekonomi dan demokrasi politik dalam perspektif demokrasi konstitusional.

Nilai strategis konstitusi ekonomi begitu penting mengingat kebijakan ekonomi nasional dan daerah selama ini didominasi oleh pendekatan ekonomi.

Dalam cakupan yang demikian selama ini konstitusi belum dijadikan rujukan sistem perekonomian nasional. Memang selama ini, pengutikan teradap beberapa pasal, misal Pasar 33 dan Pasal 34 hanya sebagai formalitas semata, sedangkan praktik-praktiknya dalam kehidupan sehari-hari cenderung jauh dari rujukan yang ada.

Konstitusi ekonomi akan memuat kebijakan ekonomi yang memberikan arah bagi perkembagan ekonomi suatu negara. Kondisi tersebut menjelaskan bahwa konstitusi ekonomi bertujuan untuk menciptakan ekonomi konstitusi perekonomian yang konstitusional

 

Bagi yang tertarik untuk membaca secara lengkap, berikut ini adalah file yang bisa diunduh:  Materi presentasi Ibu Aviliani.

Last Updated on Wednesday, 28 July 2010 23:34