ST Kasad No. 1409/2010 PDF Print E-mail
Written by Triyono   
Saturday, 14 August 2010 04:56

Baru saja saya dapat sms dari teman yang isinya adalah tentang ST Kasad nomor 1409/2010 tanggal 9 Agustus 2010, yang isinya antara lain tentang peringatan bagi para prajurit/PNS yang pensiun sebelum tahun 2010 tidak diizinkan untuk memperpanjang SIP dan selanjutnya rumah dinas diserahkan kepada TNI AD cq Kesatuan Masing-2 dan diberikan tenggang waktu 5 bulan sudah mengembalikan. Maka ST Kasad yang mengizinkan purnawirawan/warakawuri sampai ybs meninggal duniadinyatakan tidak berlaku lagi. Ditandatangani oleh Kasad Jenderal George Toissuta.

Segera setelah membaca sms tersebut, saya lalu "searching" ke internet untuk mencari ST Kasad tersebut. Namun sayang tidak menemukan.  Info dari teman se komplek mengatakan bahwa dia telah punya fotocopynya. Saya sendiri sampai tulisan ini dimuat, belum sempat melihat fotocopy ST tersebut.

ST ini bisa benar, dalam artian memang dikeluarkan oleh TNI AD, bisa juga dibuat oleh tangan yang usil dan tidak bertanggungjawab. Bila benar adanya, maka alangkah naifnya hal tersebut. bagaimana bisa mengusir sekian banyak penghuni KPAD dalam waktu 5 bulan? Bila ini dlaksanakan pastilah dengan kekerasan sebagaimana yang telah pernah terjadi. Rupanya sudah menjadi pola, seperti halnya para pedagang kakilima yang digusur oleh para Satpol PP. Bedanya di sini nanti yang menggusur adalah anggota militer aktif, dan yang digusur para purnawirawan/pensiunan dan warakawuri yang sudah tidak berdaya. Kita tunggu saja kebenarannya.

Bila asumsi kedua yang terjadi - yaitu dibuat oleh oknum yang tidak bertanggung-jawab, maka juga sangat disesalkan, karena telah membikin resah para warga yang akan terkena dampaknya. Bila asumsi ini benar semoga oknum yang usil tadi bisa ditindak, atau paling tidak segera ada pernyataan resmi dari TNI AD bahwa yang tersebar tersebut tidak benar.

Demikian berita yang kiranya perlu kita waspadai, untuk bahan renungan.